Semua

Resep Pepes Ikan Teri Basah

Di Indonesia, cara memasak suatu makanan tidak hanya digoreng, dibakar, atau direbus saja. Terdapat juga cara memasak lainnya yaitu dengan cara di kukus. Ada yang dikukus dan dilapisi dengan daun pisang atau hanya sekedar makanan itu dikukus biasa.

Makanan menjadi lebih nikmat apabila dikukus dan dilapisi dengan daun pisang. Untuk menu makanan tertentu, cara yang satu ini memang sangat wajar dibuat. Salah satu menu makanan yang selalu menggunakan daun pisang yaitu menu pepes.

Menu pepes sendiri memiliki aneka ragam bentuk, mulai dari bentuk yang memanjang hingga yang dibuat segitiga. Tak hanya bentuknya saja, bagian isi menu makanan ini juga beraneka ragam. Anda bisa memilih ingin mengukus daging ayam, ikan, tahu, jamur, atau bahan makanan lainnya.

Sekarang ini, kita akan membahas tentang resep ikan teri basah. Siapa nih yang suka mengonsumsi daging ikan? Seperti yang kita tahu, daging ikan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nah, bagaimana sih cara membuatnya?

Bahan-Bahan

250 gram teri basah

Perasan air jeruk nipis dari 1 buah jeruk

1 ikat daun kemangi, gunakan daunnya saja

1 buah tomat, iris

½ sendok teh garam

½ sendok teh gula

Daun pisang secukupnya

Tusuk gigi secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

2 siung bawang putih

6 siung bawang merah

10 buah cabai merah

3 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu

3 cm kunyit, bakar

2 cm jahe

2 cm lengkuas

Cara Membuat:

  • Langkah pertama yang harus disiapkan yaitu mencuci bersih ikan teri yang akan digunakan. Buanglah kepala ikan teri dan bersihkan kotoran yang ada di bagian perutnya. Cuci hingga benar-benar bersih. Siapkan wadah dan setelah itu, lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan sejenak.
  • Haluskan semua bumbu-bumbu yang harus dihaluskan tadi. Anda bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk secara manual agar terasa lebih enak dan nikmat. Namun, jika Anda ingin menggunakan blender juga tak masalah. Tinggal tambahkan sedikit minyak untuk membantu proses penghalusan bumbu tersebut.
  • Lalu, tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah yang berisi ikan yang sudah dilumuri air perasan jeruk nipis.
  • Tambahkan lagi tomat, daun kemangi, gula, dan garam. Lalu aduk rata.
  • Setelah semuanya tercampur rata, ambil daun pisang. Tumpuk menjadi dua agar tidak mudah bocor. Tempatkan campuran ikan tadi di tengah-tengah pisang. Gulung dan sematkan kedua ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi.
  • Lakukan step tersebut hingga campuran ikan dengan bumbu habis.
  • Setelah itu, kukus terlebih dahulu pepes ikan yang sudah dibungkus tersebut selama kurang lebih 10 menit atau hingga warna daun pisangnya berubah menjadi kekuning-kuningan.
  • Angkat dan hidangkan.

Sangat mudah sekali, bukan? Anda bisa menikmati pepesnya baik itu pepes yang dikukus saja atau bisa juga dengan cara dibakar. Caranya bagaimana? Setelah proses pengukusan selesai, Anda bisa langsung membakarnya diatas teflon grill atau panci anti lengket yang Anda miliki di rumah. Tidak perlu menambahkan minyak atau mentega. Langsung saja dibakar hingga warna daun pisangnya berubah menjadi kehitam-hitaman.

Jangan lupa untuk bakar pepes ikan ini pada kedua sisinya agar matang terasa lebih nikmat. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing, apakah Anda adalah tim penikmat pepes ikan yang dikukus atau tim pepes bakar.

Share