Semua

Puding Cokelat Jeruk Mandarin yang Lezat

Apakah Anda penyuka dessert atau makanan penutup? Banyak sekali menu dessert yang menyegarkan dan sehat yang bisa Anda bikin sendiri di rumah. Salah satu dessert favorit semua kalangan usia ialah pudding.

Jika Anda berencana untuk membuat pudding, cobalah untuk membuat pudding cokelat jeruk yang sangat nikmat. Perpaduan antara pahitnya cokelat dengan manisnya jeruk mandarin akan berpadu satu di dalam kenikmatan. Ini dia resepnya!

Lapisan A

Jeruk mandarin 1 kaleng

Air dari jeruk mandarin kaleng 200 cc

Air mineral 300 cc

Agar-agar gel tanpa rasa 1 bungkus

Gula pasir 2 sendok makan

Sejumput garam

Lapisan B

Putih telur 1 butir

Air mineral 500 cc

Susu kental manis 3 sendok makan

Agar-agar tanpa rasa 1 bungkus

Gula pasir 50 gram

Sejumput garam

Lapisan C

Agar-agar tanpa rasa 1 bungkus

Susu kental manis 2-3 sendok makan

Cokelat bubuk 2 sendok makan

Gula pasir 75-100 gram

Air 600 ml

Sejumput garam

Cara Membuat:

Lapisan A

  • Buka jeruk mandarin kalengnya. Tiriskan buahnya diatas saringan agar buah dan air jeruknya terpisah. Setelah itu, susun jeruk mandarinnya pada dasar loyang. Sisihkan.
  • Campurkan air jeruk mandarin, agar-agar, gula pasir, garam dan air putih ke dalam panci. Aduk rata.
  • Masak campuran cairan tadi diatas api sedang sambil terus diaduk. Jika sudah mendidih, angkat.
  • Tuangkan ke dalam loyang yang sudah disusun jeruk mandarinnya. Untuk menuangkannya, tidak bisa langsung dituangkan begitu saja karena akan merusak tatanan jeruk mandarin yang telah disusun rapi. Untuk membantu Anda menuangkan cairan agar-agarnya, Anda bisa menuangkannya dengan menggunakan sendok panci yang besar. Jadi, Anda bisa menuangkannya sendok-persendok secara perlahan-lahan. Dengan begitu, susunan jeruk mandarinnya tidak akan rusak dan akan menghasilkan puding yang cantik.

Lapisan B

  • Siapkan wadah yang bersih dan pastikan wadahnya sudah benar-benar kering, bersih, dan tidak basah. Kocok putih telur yang sudah disiapkan tadi. Anda bisa mengocoknya dengan menggunakan bantuan mixer atau bisa juga dengan menggunakan hand balloon wisk biasa. Namun, jika ingin menggunakan hand balloon wisk, Anda harus ekstra bersabar untuk mengocoknya. Kocoklah putih telur hingga berbusa. Sisihkan.
  • Siapkan panci. Masukkan air dan susu kental manis. Aduk rata. Nyalakan api sedang.
  • Lalu, masukkan gula pasir, garam dan agar-agarnya. Aduk terus hingga mendidih.
  • Setelah campuran cairan tersebut mendidih, angkat. Masukkan ke dalam kocokan putih telur.
  • Ketika memasukkan cairan tersebut ke dalam putih telur, lakukanlah bertahap sambil diaduk atau dimixer. Lakukan terus hingga cairannya habis. Kocok terus hingga suhunya menurun.
  • Setelah itu, tuangkan ke dalam cetakan yang sudah berisi lapisan A. Sebelum menuangkan lapisan B ini, pastikan terlebih dahulu bahwa lapisan A sudah benar-benar dingin dan mengeras. Mengapa? Jika masih belum mengeras, maka begitu dituangkan adonan lapisan B, kedua lapisan tersebut akan tercampur sehingga tidak akan membentuk lapisan puding yang cantik. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bahwa adonan lapisan A sudah mengeras sehingga ketika menuangkan adonan lapisan B, kedua lapisan tersebut akan menempel dengan sempurna.

Lapisan C

  • Siapkan panci. Masukkan semua bahan-bahan yang sudah disediakan tadi. Aduk rata. Nyalakan api sedang.
  • Masak campuran cairan tadi hingga mendidih dan jangan lupa untuk tetap terus diaduk.
  • Setelah mendidih, matikan api. Tuang ke atas adonan lapisan B.
  • Tunggu hingga adonan lapisan C dingin dan mengeras. Masukkan ke dalam kulkas sebentar agar terasa lebih nikmat.
  • Keluarkan pudding dari cetakan. Potong-potong, dan hidangkan.

Ada satu penjelasan nih untuk disimak baik-baik. Mungkin Anda sempat heran atau bertanya-tanya mengapa di setiap bahan lapisan pudding terdapat sejumput garam, padahal petunjuk memasak agar-agar yang terdapat di belakang bungkusnya, tidak mencantumkan garam, begitu bukan?

Ya, memang dalam cara pembuatan agar-agar yang terdapat pada bungkus belakang kemasan agar-agar tersebut tidak dicantumkan sejumput garam, tapi tak masalah jika Anda menambahkannya sendiri. Nanti rasanya ada asinnya dong? Penggunaan garam untuk membuat pudding ini hanyalah sejumput atau sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak.

Memang, apa sih manfaatnya? Penambahan sejumput garam pada masakan yang mengandung gula seperti pembuatan pudding, kolak, air gula, dan sebagainya, akan menguatkan rasa manis itu dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan gula yang terlalu banyak ke dalam adonan tadi. Cukup dengan tambahan sejumput garam saja, rasa manis dari gula tersebut akan keluar dan akan terasa lebih manis.

Perbedaan rasa antara cairan gula yang diberi garam dan tidak ialah terdapat pada rasa manisnya. Rasa manis pada air gula yang tidak diberi garam akan terasa lebih plain, lemah, sehingga membuat Anda untuk menambahkan gula yang banyak agar terasa lebih manis. Sedangkan, rasa manis pada air gula yang diberi garam akan menguatkan rasa gula itu sendiri. Meskipun pemakaian gulanya hanya sedikit, rasa manisnya akan terasa keluar sehingga Anda tidak perlu menambahkan gula lagi.

Nah, jadi sekarang Anda sudah mengerti, kan mengapa ada sejumput garam di setiap lapisan pudingnya? Setelah mengetahui hal itu, Anda bisa coba mempraktikkannya sendiri di rumah.

Oiya, jika Anda menggunakan loyang bongkar pasang, Anda bisa membalik lapisan A yang tadinya ditaruh di paling bawah menjadi di lapisan paling atas. Jadi, Anda harus menyusunnya dari lapisan C terlebih dahulu untuk bagian bawahnya. Lalu, lapisan B. Setelah itu, baru lapisan A. Tinggal sesuaikan saja dengan cetakan loyang yang Anda gunakan.

Share