Semua

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memesan Roti Buaya

Roti buaya menjadi salah satu roti yang khas dari kota Jakarta khususnya dari suku Betawi. Roti buaya ini biasnya digunakan untuk hantaran di acara pernikahan dari mempelai pihak laki – laki kepada mempelai wanita. Penggunaan roti buaya sebagai hantaran pengantin ini sudah ada sejak pada zaman Eropa masuk ke Indonesia. Roti buaya ini biasanya digunakan sebagai lambang kesetiaan dan juga lambang kemapanan.

Penggunaan roti buaya sebagai hantaran pernikahan ini tentu saja menjadi salah satu hal yang unik yang jarang di Indonesia atau bisa saja hanya suku Betawi yang memiliki adat menggunakan roti buaya sebagai hantaran pernikahan. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli atau memesan roti buaya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu tips yang harus dilakukan saat membeli atau memesan roti buaya. Berikut akan diulas mengenai beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam memesan roti buaya.

Memilih Bentuk yang diinginkan

  • Tips yang pertama yang perlu kalian perhatikan dalam memilih roti buaya adalah bentuk yang diinginkan. Walaupun semua toko memproduksi roti buaya dalam bentuk yang sama yaitu bentuk buaya. Namun mereka akan memproduksi ekor atau bagian buaya yang berbeda – beda di setiap tokonya. Contohnya saja adalah ekor buaya dengan bentuk melengkung atau ekor buaya dengan bentuk lurus. Kalian bisa memilih bentuk dari roti buaya sesuai dengan keinginan kalian.

Memilih Variasi Isi

  • Tips yang selanjutnya yang perlu kalian perhatikan dalam memilih roti buaya untuk hantaran pernikahan adalah isi. Ada banyak sekali variasi isi yang bisa kalian dapatkan, kalian bisa memilih variasi yang kalian sukai. Biasanya di dalam satu roti buaya terdapat 2 sampai dengan 3 jenis isian yang bisa kalian nikmati.
  • Pemilihan variasi isi ini harus dilakukan mengingat bahwa roti buaya ini akan di bagikan kepada para tamu maupun juga kerabat yang masih lanjang.

Memilih Ukuran yang tepat

  • Roti buaya tidak hanya memiliki satu ukuran saja namun memiliki beberapa ukuran yang bisa kalian pilih. Biasanya ukuran dari roti buaya ini mulai dari 3 cm hingga ukuran yang besar mencapai 2 meter.
  • Pemilihan ukuran ini sangat penting dilakukan karena roti tersebut nantinya akan dibagikan kepada para tamu yang datang atau kepada para kerabat yang tentunya masih lajang sehingga diharapkan dapat segera mendapatkan jodohnya.

Harga dari Roti Buaya

  • Roti buaya ini memiliki harga yang bervariasi tergantung dari pemilihan toko dan ukuran yang dibutuhkan. Biasanya roti buaya dibanderol dengan harga Rp 500 ribu. Dengan jumlah uang 500 ribu tersebut kalian akan mendapatkan roti buaya 2 buah.

Roti buaya dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 hari. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari roti buaya. Roti buaya juga memiliki banyak sekali varian rasa sehingga kalian dapat memilih roti tersebut dengan isian yang diinginkan. Roti buaya harus dilestarikan karena merupakan suatu adat suku Betawi yang sangat langka bahkan bisa jadi hanya suku Betawi lah yang menggunakan adat tersebut untuk hantaran pernikahan.

Nah itulah tadi beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Untuk bisa mendapatkan roti buaya sesuai dengan keinginan kalian dengan variasi toping, isian kalian bisa membelinya di tempat jual roti buaya. Semoga informasi mengenai beberapa tips tersebut dapat bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba semoga roti buaya tetap terjaga kelestariannya.

Share Button