Semua

Membuat Garang Asem Khas Jateng

Bagi Anda yang merasa familiar dengan garang asem ayam, makanan ini adalah makan yang terbuat dari olahan ayam dengan kuah santan, memiliki rasa yang pedas, dan diolah menggunakan daun pisang merupakan makanan khas dari daerah Jawa Tengah. Makanan yang berasal dari suatu daerah di Grobogan ini sangat populer di beberapa daerah lainnya, seperti Semarang, Kudus, Pati, Pekalongan, dan Demak hingga di gabungkan dengan nama berbagai daerah tersebut untuk memberikan identitas yang khas dari berbagai daerah tersebut.

Garang asem ayam biasanya dibuat dari seluruh bagian ayam, kecuali bagian jeroannya. Untuk garang asem yang menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan pokoknya akan memberikan kelezatan yang ekstra pada masakan tersebut, karena daging ayam kampung akan memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan daging ayam lain jika diolah dengan benar. Walaupun demikian garang asem pastinya akan memberikan kenikmatan tersendiri dengan hadirnya sensasi pedas yang menyegarkan dari potongan belimbing wuluh dan juga cabai yang digunakan. Kesegaran ini dapat membuat orang yang mengantuk jadi langsung melek kembali. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa resep dan juga cara membuatnya bagi Anda yang ingin  membuat dan menikmatinya bersama keluarga tercinta di rumah.

Resep Garang Asem Ayam Tanpa Santan

Resep garang asem ayam yang ini merupakan garam asem ayam yang berbeda dari yang lain. Sebab jika biasanya garang asem ayam dibuat dengan kuah santan yang berwarna putih kecokelatan, namun garang asem ayam ini justru dibuat dengan tidak menggunakan santan. Karena tidak daging ayamnya tidak terendam oleh kuah santan, maka daging ayam tersebut akan teras lebih lezat dengan racikan bumbu yang pas. Lalu kesegaran yang dihasilkan juga terasa lebih nendang jika garang asem ini dibuat tanpa menggunakan santan. Berikut ini kami akan membagikan resep hidangan terbut, simaklah penjelasan berikan ini :

  • Bahan yang digunakan dalam membuat masakan ini adalah setegang kilo ayam kampung yang telah dicuci bersih dan dipotong kecil – kecil dengan bentuk sesuai selera, 1 sendok makan minyak goreng, 1 sendok makan margarin yang akan digunakan untuk menumis bumbu, dan 500 ml air.
  • Sedangkan bumbunya, antara lain 3 siung bawang putih yang telah diiris- iris, 6 siung bawang merah besar yang telah diris tipis – tipis, 2 serai yang diambil bagian putihnya dan di geprek, 3 ruas lengkuas, 2 ruas jahe, 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk.
  • Dan untuk bumbu tambahannya, seperti 4 belimbing wuluh yang telah dipotong – potong, 2 buah tomat hijau, 10 cabe rawit segar, 1 sendok teh kaldu, gula pasir dan garam secukupnya.

Cara Membuat Garang Asem Ayam Tanpa Santan

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat hidangan tersebut, antara lain :

  • Lumuri ayam yang telah dicuci dengan garam dan jeruk nipis, kemudian diamkan selama 15 menit lalu cuci lagi. Rebuslah ayam tersebut hingga keluar sisa darahnya dan kemudian dicuci kembali.
  • Bumbu yang telah disiapkan kemudian di tumis dengan margarin hingga layu dan harum. Lalu ayam tersebut dimasukkan dan diaduk hingga rata. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga bumbunya meresap sempurna ke dalam ayam tersebut dengan api kecil.
  • Selanjutnya masukkanlah sedikit air, kemudian aduk hingga rata dan tutup wajan tersebut sampai ayam menjadi lebih lunak. Ketika sudah melunak, bisa langsung dimasukkan bahan lain, seperti belimbing wuluh, tomat, cabai, kaldu, gula, dan garam. Kemudian garang asem ayam tersebut didiamkan hingga matang.
Share Button