Semua

Hidangan Bakso Untuk Arisan

Hidangan Bakso Untuk Arisan – Arisan menjadi salah satu momen berkumpul yang menyenangkan. Bisa untuk teman-teman hingga berkumpulnya keluarga besar. Arisan sering kali juga harus memberikan hidangan. Bisa untuk dibawa pulang atau hidangan yang dimakan di tempat. Salah satu jenis hidangan yang banyak digunakan adalah bakso.

Hidangan Bakso Untuk Arisan

Siapa yang tidak mengenal bakso. Makanan yang terbuat dari berbagai macam komponen dan disajikan dengan kuah kaldu sapi. Bakso adalah hidangan yang sangat mudah ditemukan. Hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki bakso yang khas dari daerahnya sendiri. Berikut adalah berbagai macam jenis bakso yang bisa Anda gunakan untuk arisan.

Jenis Hidangan Bakso untuk Arisan yang Enak

  • Bakso Malang

Salah satu jenis bakso yang terkenal adalah bakso Malang. Bakso ini cukup populer karena memiliki berbagai jenis pilihan yang berbeda dengan jenis bakso lainnya. Bakso pada umumnya berisikan tahu, bakso, mie, pangsit dan juga sawi. Namun di bakso Malang, Anda bisa menemukan berbagai jenis bakso.

Misalnya bakso halus, bakso goreng, bakso urat, siomay, pangsit goreng, mi kuning, tahu hingga mie soun. Selain itu bakso ini juga bisa dibeli satuan dimana berbeda jika Anda membelinya dalam satu porsi. Itulah mengapa bakso Malang ini cukup banyak diminati.

  • Bakso Solo

Selain ada bakso Malang, juga ada bakso Solo yang legendaris. Ciri khas dari bakso ini adalah warna dari kuahnya yang jernih atau bening dan juga rasa gurih dari kaldunya yang natural. Kuah yang digunakan untuk bakso Solo ini tidak terlalu tajam, namun rasanya tetaplah enak.

Selain itu bakso ini juga terkenal dengan baksonya yang memiliki tekstur daging yang padat. Hal ini karena umumnya mereka menggunakan daging sapi sekitar 90% atau lebih. Jenis bakso ini juga menjual tulang iga yang juga bisa disajikan dalam mangkuk baksonya.

Jadi akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai makan daging sapi secara langsung dengan tulangnya. Ide hidangan bakso untuk arisan ini cocok untuk Anda sajikan pada acara arisan keluarga.

  • Bakso goreng

Selain bakso yang umum dengan kuah sapinya, juga ada bakso kering atau bakso goreng. Umumnya jenis bakso ini dijual dipinggir jalan sebagai camilan saja. itulah mengapa jarang ada yang menjual bakso goreng di warung bakso. Bakso goreng ini akan cocok untuk disajikan sebagai hidangan selingan atau camilan saat ada arisan. Jenis bakso ini akan enak jika disantap dengan tambahan saus sambal atau saus tomat.

  • Bakso isi

Jenis bakso selanjutnya yang juga bisa menjadi inspirasi hidangan bakso untuk arisan adalah bakso isi. Bakso ini termasuk dalam bakso modern dimana perkembangannya cukup baru dilakukan. Sesuai dengan namanya, bakso ini tidak hanya terbuat dari daging saja. Ada berbagai macam isian yang digunakan dalam bakso ini. Mulai dari cabai cincang, keju mozarela, daging cincang, hingga telur. Hidangan ini menjadi populer karena memang memberikan cita rasa yang unik.

Namun memang dalam pembuatannya cukup memerlukan waktu yang lama karena berbagai macam isian yang digunakan. Anda bisa memesan bakso isi tersebut pada catering agar lebih praktis dihidangkan saat acara arisan.

3 Tips Membuat Bakso Halus dan Matang Merata

Membuat bakso memang cukup gampang. Akan tetapi akan sulit jika Anda tidak mengetahui triknya. Hal ini karena bisa saja bakso yang Anda buat ternyata di bagian dalamnya kurang bisa matang merata. Bahkan ada juga yang masih terdapat adonan tepung yang belum matang.

Untuk itu berikut tips yang bisa Anda lakukan:

  • Daging harus halus

Untuk membuat bakso dengan tekstur yang halus, maka dagingnya juga harus diblender dengan halus juga.

Jika Anda menggunakan daging sapi, maka blender atau haluskan daging hingga benar-benar halus dan tidak berserat hampir seperti bubur. Selain itu triknya adalah dengan menambahkan es batu pada saat menghaluskannya. Tujuannya untuk membuat hasil daging bakso yang lebih kenyal dengan aman tanpa tambahan pengawet.

  • Memilih daging yang tepat

Menu hidangan bakso untuk arisan bisa terbuat dari berbagai macam daging seperti sapi, ayam hingga seafood. Akan tetapi untuk menghasilkan bakso yang halus maka penting untuk memperhatikan jenis daging yang digunakan. Jika Anda menggunakan daging sapi, maka pilihlah yang tidak memiliki lemak.

Lebih baik Anda memilih daging sapi giling dimana terbuat dari daging murni tanpa tambahan lemaknya. Untuk bakso seafood, gunakan jenis ikan atau makanan laut dengan daging yang putih misalnya udang dan cumi besar. Pastikan juga jika udangnya bersih dan sudah Anda kupas terlebih dulu. Sedangkan untuk bakso ayam, gunakan daging seperti bagian dada, daging giling atau fillet.

  • Memasaknya dengan api kecil

Tips selanjutnya untuk membuat bakso Anda menjadi matang dengan merata adalah masak dengan api kecil. Api yang besar hanya akan membuat bakso bagian luarnya saja yang matang lebih cepat. Saat bakso yang sudah Anda bulatkan masuk ke air panas, diamkan terlebih dahulu selama 5 menit. Kemudian nyalakan kompornya dengan api yang kecil. Api yang kecil tersebut juga memungkinkan agar air tidak cepat mendidih.

Bakso yang sudah matang adalah yang mengambang di permukaan. Belah bakso tersebut dan perhatikan warnanya. Jika warnanya masih merah di bagian tengah, maka bakso belum matang. Agar lebih praktis membuat hidangan bakso untuk arisan, lebih baik Anda memesan dari catering yang lebih praktis dan enak.

Salah satunya yaitu catering Royal Tumpeng yang menyediakan tidak hanya catering nasi tumpeng, namun juga catering nasi box hingga prasmanan untuk berbagai acara. Catering kami juga menyediakan delivery order ke area Jadetabek. Untuk info dan pemesanan bisa hubungi CS kami di nomor 0812 8760 8239 atau email ke order@royaltumpeng.com.

Share Button