Semua

Berbagai Macam Nasi Tumpeng Khas Daerah

Nasi tumpeng memanglah alah satu makanan khas yang ada di negara Indonesia ini. Nasi tumpeng pasti akan selalu ada di setiap acara – acara budaya, syukuran hingga acara – acara nasional lainnya. Warnanya yang kuning memanglah terbuat dari bumbu kuning yang telah dihaluskan. Namun pernahkah kalian berpikir mengapa warna nasi tumpeng itu kuning, namun ternyata warna kuning pada nasi tumpeng itu memiliki arti yaitu warna yang melambangkan kemakmuran. Namun bagi Anda yang memiliki acara dan ingin menyuguhkan nasi tumpeng tapi tidak ingin repot membuatnya maka Anda bisa Pesan Nasi Tumpeng di berbagai toko yang menyediakan layanan pesan nasi tumpeng.

Makna Dari Nasi Tumpeng

Bukan hanya sebagai warisan kebudayaan negara Indonesia dan merupakan salah satu makanan khas dari  negara ini, namun nasi tumpeng juga memiliki makna yang mendalam sehingga terbentuk lah nasi dengan bentuk dan rupa serta  warna yang saat ini kita kenal sebagai nasi tumpeng itu. Oleh karena itu berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa makna dari pembuatan nasi tumpeng yang kini menjadi warisan budaya Indonesia.

  • Bentuk tumpeng yang mengerucut

Dalam kitab yang telah ada dari zaman kerajaan Majapahit yaitu kitab Tantupanggelaran yang menceritakan bahwa ketika itu Pulau Jawa ini sedang mengalami guncangan hebat yang kita kenal sebagai gempa, lalu Batara Guru memerintahkan untuk memindahkan puncak Mahameru yang ada di negara India untuk dapat menstabilkan Pulau Jawa agar tidak terjadi goncangan hebat kembali dan hingga kini kita kenal sebagai Gunung Semeru yang memiliki puncak Mahameru dan terletak di daerah Jawa timur. Nah di puncak tertinggi gunung tersebut di percaya oleh masyarakat merupakan tempat para dewa. Nah bentuk tumpeng yang mengerucut itu adalah perumpamaan dari gunung tersebut yang diyakini menjadi tempat para dewa bersemayam.

  • Melambangkan hubungan antara manusia dengan tuhannya

Nah sebagai warga negara Indonesia yang merupakan suatu masyarakat yang sangat mempercayai konsep ketuhanan, pastilah akan menganggap konsep ketuhanan sebagai suatu yang sangat besar dan berada di puncak atau  paling atas dari segala hal yang ada di dunia ini. Oleh karena itu juga dalam membuat nasi tumpeng dibuat dengan bentuk kerucut atau menyerupai gunung adalah bentuk yang melambangkan suatu konsep ketuhanan.

Beberapa Nasi Tumpeng Khas Daerah

Nasi tumpeng sebagai salah satu warisan budaya dan juga makanan khas dari Indonesia ini ternyata akan memiliki ciri khas yang berbeda – beda pada setiap daerahnya. Hal ini karena merupakan upaya modifikasi atau penambahan suatu ciri khas yang dimiliki oleh suatu daerah tersebut tanpa menghilangkan ciri khas utama dan makna dari nasi tumpeng tersebut. Anda juga bisa Pesan Nasi Tumpeng khas berbagai daerah tersebut. Untuk itu berikut ini kami akan membahas beberapa nasi tumpeng khas dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

  • Nasi tumpeng khas Jakarta

Pada dasarnya semua nasi tumpeng pada setiap daerah akan sama baik warna maupun bentukannya, hanya saja yang akan membedakan yaitu dari lauk pauk yang ditambahkan pada nasi tumpeng tersebut. Kalau di Jakarta lauk pauk yang digunakan adalah gepuk daging sapi, ayam bakar, tempe orek, perkedel kentang, telur puyuh, dan juga sambal ati.

  • Nasi tumpeng khas Sunda

Berbeda dengan nasi tumpeng khas Sunda dimana daerah ini hanya menggunakan satu lauk pauk, namun bahan yang digunakannya sangat beragam jenis, seperti daging sapi, ayam, tempe, kentang, buncis, wortel, dan lain – lain. Selain itu nasi tumpeng khas Sunda ini juga menggunakan nasi yang terbuat dari  campuran beras ketan sehingga nasinya lebih padat. Jika Anda tidak sempat untuk membuat nasi tumpeng khas Sunda ini, maka Anda tinggal Pesan Nasi Tumpeng saja.

Share Button