Semua

10 Macam Makanan Untuk Hantaran Lamaran

Makanan Untuk Hantaran LamaranPernikahan di Indonesia tidak sama adat antara satu daerah dengan daerah lain. Sebab memiliki ciri khas termasuk ketika melangsungkan acara pernikahan.

Umumnya dalam acara pernikahan ada hantaran yang dibawa. Nah, bentuk hantarannya boleh dibicarakan terlebih dulu antara kedua belah pihak. Selain membawa hantaran kosemetik, juga membawakan hantaran makanan.

Makanan Untuk Hantaran Lamaran

Macam Makanan Untuk Hantaran Lamaran Yang Perlu Diketahui

  • Kue Ketan

Ini adalah salah satu tradisi di acara pernikahan Indonesia, dimana maksud diberikan kue ketan ini sebagai harapan agar hubungan rumah tangga suami istri nantinya selalu lengket terus menerus. Sesuai dengan namanya, kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan warna agak kecokelatan. Untuk hantaran pernikahan boleh dibuat bentuk tertentu seperti bentuk hati. Kemudian dihias menggunakan toping daun pandang yang sudah dipotong-potong. 

  • Buah

Semua orang pasti suka buah dan untuk hantaran pernikahan umumnya disajikan 5 buah.  Tentunya memilih yang berwarna agar hantaran tampak cantik. Selain itu, dibungkus menggunakan  kertas warna-warni ataupun bungkusan khusus sesuai daerah. Setiap buah memiliki filosof tersendiri, sehingga pilihlah yang sesuai untuk hantaran pernikahan. 

  • Kue

Banyak jenis makanan untuk hantaran lamaran mulai dari kue tart, bolu, brownies, kue lapis hingga kue lain. Termasuk eggtart ialah kue yang boleh diberikan saat acara lamaran. Untuk pemilihannya jangan memilih sendiri, tetapi musyawarahkan dengan keluarga terlebih dulu. 

Kue ini juga dihias dengan bagus apalagi untuk acara pernikahan tentu tak baik jika diberikan secara sembarangan. Kue selain dibawa dari pihak lelaki untuk perempuan, juga berlaku sebaliknya. Saat calon pengantin pulang setelah lamaran, maka pihak calon pengantin perempuan memberikan seserahan berupa kue bolu, kue ketan hitam dan putih serta puding buah dan ada juga jenis makanan yang lain. Boleh memberikan bolu gulung ataupun bolu biasa yang sudah diiris tentunya. 

  • Kacang-kacangan

Aneka jenis kacang juga tak boleh ditinggalkan saat acara lamaran. Tidak perlu dibungkus dalam wadah yang sangat besar. Boleh saja dalam ukuran mini asalkan banyak variannya. Jadi, bukan satu varian saja ya. Kacang ini boleh buat sendiri, boleh memberi upah orang untuk membuatnya. Bahkan ada juga calon pengantin beli kacang yang sudah jadi. Boleh saja namun silakan perhatikan rasa dari kacang yang dipilih. 

  • Puding

Nah, ini termasuk hantaran dari pihak laki-laki juga. Puding berbentuk bulat menyerupai bunga matahari atau boleh juga diberikan bentuk lain. Sesuaikan dengan adat daerah masing-masing. Disajikan dalam wadah yang tertutup rapi bahkan menggunakan ikat  pita. Sehingga inspirasi makanan untuk hantaran lamaran berupa puding yang awalnya sederhana sudah tampak lebih menarik. Ada juga yang membawa puding buah. Jika calon pasangan lebih suka buah, tidak salah membawa puding berbahan dasar buah. 

  • Ketan Itam dan Putih

Selain ketan cokelat yang sudah dibahas di atas, ada juga ketan hitam dan putih yang diberikan oleh pengantin perempuan untuk pengantin laki-laki. Jadi, kue ketan ini langsung disajikan dalam satu wadah, yang sebelah kanan berwarna putih dan sebelah kiri berwarna cokelat gelap ataupun hitam. Bentuknya sangat rapi bahkan langsung menggugah selera hanya saat melihat bagian luarnya saja. 

  • Kue Bugis

Kue bugis yang satu ini boleh yang dibalut daun pisang ataupun balutan plastik transparan. Namun akan lebih wangi jika dibalut menggunakan daun pisang. Memiliki tekstur yang lembut dengan bahan isian yang manis. Berbentuk persegi ataupun persegi panjang yang dimasak dengan cara dikukus. 

  • Rendang

Makanan yang sangat diminati masyarakat Indonesia ini juga hadir di acara lamaran ataupun pernikahan. Salah satunya sebagai bahan hantaran. Siapa yang tidak suka rendang? Makanan berbahan dasar daging yang diolah dengan rempah-rempah memiliki cita rasa yang sangat enak dan gurih.

Bisa disantap bersama nasi putih atau hanya menikmati rendangnya saja. ide makanan untuk hantaran lamaran rendang disajikan dalam wadah khusus, dan dihias menggunakan daun selada menyerupai bunga. Kemudian ada tambahan tomat dan mentimun yang sudah diiris berbentuk bunga.

  • Cupcakes

Termasuk juga makanan lamaran ataupun hantaran. Cupcakes untuk acara pernikahan lebih menarik karena dihias sedemikian rupa. Apalagi jika menggunakan warna pink kemudian menggunakan toping berbentuk love, bunga, hingga sepasang cincin sangat menarik perhatian. 

  • Ayam Goreng dan Ikan Goreng

Juga disajikan dalam wadah khusus yang dihias sedemikian rupa. Lengkap juga dengan daun selada, hiasan mentimun, tomat hingga sambal yang dimasukkan dalam wadah kecil terpisah. Ikan ini diberikan dalam keadaan masih utuh, jadi bukan dalam bentuk potongan-potongan. Sedangkan ayam goreng dalam bentuk potongan-potongan.

Ayam goreng ataupun ayam rendang siapa yang tidak suka. Pasti semua kalangan suka. Ini diberikan dari pihak perempuan sehingga cukup menggiurkan tentunya untuk pihak lelaki. Boleh langsung disantap saat tiba di rumah. 

Rekomendasi : Nasi Tumpeng Enak di Jakarta

Nah, inilah sepuluh makanan yang umumnya ditemukan sebelum melangsungkan acara pernikahan. Makanan ini dibawa saat acara lamaran, namun ada juga daerah lain di Indonesia dimana makanannya dibawa ketika sudah melangsungkan acara pernikahan. Tidak masalah yang penting sesuaikan dengan adat masing-masing daerah. Sepuluh makanan ini bisa menjadi bahan referensi.

Menariknya saat ini sudah ada catering yang sangat memudahkan keluarga yang ingin menikah. Tidak perlu memasak makanan karena bisa memesan di catering. Tentunya katering terpercaya yang sudah jelas rasa dan kualitasnya. Oleh karena itu, jika butuh makanan untuk hantaran lamaran silakan pesan di catering agar lebih praktis. 

Share Button